Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USAHA KEPALA MADRASAH MEMOTIVASI GURU UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKANBARU

Nur Aziza (2011) USAHA KEPALA MADRASAH MEMOTIVASI GURU UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011562.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepala madrasah dalam memimpin sebuah madrasah dapat mengkoordinasikan, menggerakan serta memberi dorongan kepada para bawahan khususnya guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar agar dapat mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran madrasah. Tugas guru sebagai pendidik dituntut untuk dapat menguasai berbagai kompetensi, salah satunya ialah kompetensi profesional. Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui usaha kepala madrasah memotifasi guru untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya di madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. 2). Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat usaha kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Penelitian ini di laksanakan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Adapun subjek utama dalam penelitian ini ialah kepala madrasah dan ubjek pendukung adalah guru-guru, adapun objek dalam penelitian ini ialah usaha kepala madrasah memotivasi guru untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah satu orang yaitu kepala madrasah dan guru-guru yang berjumlah 17 orang sebagai populasi pendukung. Dalam pengumpulan data penulis mengunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh dan dianalisa maka disimpulkan bahwa: Usaha yang dilakukan oleh kepala madrasah memotivasi guru untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya “cukup optimal”, hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara kepala madrasah dan rekapitulasi wawancara guru-guru yang berjumlah 17 orang dengan persentase berada pada 64,70% dari 51-75%. Faktor yang mendukung dan menghambat usaha kepala madrasah memotivasi guru untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya ialah: a) faktor pendukung : latar belakang kepala madrasah serta guru-guru, dan kerjasama kepala sekolah dengan guru-guru dan tersedianya fasilitas yang mendukung. b). faktor penghambat: masih kesulitan terhadap dana dan belum adanya sangsi yang tegas yang diberikan kepala madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:46
Last Modified: 07 Jan 2016 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item View Item