ESTI RAHAYU, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUNDUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Esti Rahayu, (2021): Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kundur Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata pelajaran Ekonomi di Seolah Menengah Atas Negeri 1 Kundur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan rancangan penelitian Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitin ini adalah seluruh siswa yang belajar Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kundur yang berjumlah 247 orang.Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kundur yang berjumlah 68 siswa terdiri dari 34 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas control dengan menggunakan teknik pengambilan Purposive Sampling dengan pertimbangan nilai rata-rata hasil pretest kelas mendekati sama. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kundur, sedangkan objek pada penelitian ini adalah proses pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kundur dengan baik pada taraf signifikansi 5% maupun1%( 2,001<3,065>2,663), dan nilai sig, <0,05 (0,001<0,05) yang berarti di terima dan ditolak . Hasil uji effect size menunjukkanbesaran pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kundur adalah 0,80 tergolong besar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share. Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 04:57 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 04:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46180 |
Actions (login required)
View Item |