Rama Andika, - (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STRATEGI SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI RAMA ANDIKA.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rama Andika, (2021): Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Strategi Small Group Discussion untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV. Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika menjadi komponen yang sangat penting, komunikasi matematis diperlukan untuk memahami ide-ide matematika secara benar. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 2 Rumbio Jaya dan bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran belum mampu melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Upaya penyelesaian dari permasalahan tersebut yaitu dilakukan penelitian dengan mengembangkan sebuah bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis strategi small group discussion. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis strategi small group discussion yang valid, praktis dan efektif serta dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Rumbio Jaya. Subjek penelitian ini adalah para ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan yang berasal dari dosen dan guru serta siswa SMP Negeri 2 Rumbio Jaya tahun pelajaran 2020/2021. Objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa matematika berbasis strategi small group discussion. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Berdasarkan uji validitas, Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis strategi small group discussion dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 90,30% dan soal uji coba kemampuan komunikasi matematis juga dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 91,33%. Berdasarkan uji praktikalitas, Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis strategi small group discussion dinyatakan sangat praktis dengan tingkat persentase pada kelompok kecil 88,43%, sedangkan untuk kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah ditutup dalam waktu yang cukup lama akibat wabah covid-19. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) dikelas. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Strategi Small Group Discussion, Kemampuan Komunikasi Matematis, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 02:26 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 02:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44164 |
Actions (login required)
View Item |