Nurul Arifin, - (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Guided Discovery pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 10 Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. Gabungan kecuali BAB IV dan V - Nurul Arifin watermark.pdf Download (29MB) | Preview |
|
Text (BAB IV dan BAB V)
2. BAB IV dan V - Nurul Arifin watermark.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Nurul Arifin, (2020): Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Guided Discovery pada Materi Lingkaran Kelas VIII. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan kurangnya multimedia interaktif yang bisa dimanfaatkan oleh guru dan siswa untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Upaya penyelesaian dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan mengembangkan multimedia interaktif berbasis guided discovery. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis metode guided discovery yang valid dan praktis serta melihat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan multimedia interaktif berbasis guided discovery dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah 12 siswa kelompok kecil, dan kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket kepraktisan dan soal tes. Berdasarkan uji validitas, multimedia interaktif berbasis guided discovery dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 95,70%. Berdasarkan uji kepraktisan, multimedia interaktif berbasis guided discovery dinyatakan sangat praktis dengan tingkat persentase kelompok kecil 77,42% dan tingkat persentase pada kelompok besar 83,46%. Berdasarkan tes kemampuan hasil belajar, diperoleh nilai t_hitung sebesar 2,34 dan nilai t_tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,021 maka t_hitung>t_tabel atau 2,34>2,02, sehingga h_a diterima dan h_0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan multimedia interaktif berbasis guided discovery dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal tersebut menunjukan bahwa multimedia interaktif berbasis guided discovery ini telah valid, praktis dan dapat dipergunakan untuk pembelajaran matematika pada materi lingkaran kelas VIII. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Metode Guided Discovery, Materi Lingkaran Kelas VIII
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 07:44 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 07:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40590 |
Actions (login required)
View Item |