Erni Yunita, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TEMBILAHAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (773kB) |
||
|
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Erni Yunita, (2020): Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tembilahan Hulu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain terhadap Kemampuan Berfikir Kritis siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas negeri 1 Tembilahan Hulu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang kurang mampu dalam memberikan penjelasan dari hasil yang dilakukannya, adanya siswa yang kurang aktif selama proses belajar mengajar berlangsung, Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment. Subjek penelitian ini adalah guru dan Siswa Kelas XI IPS, sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran Predict Observe Explain dan berfikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu. Sampel dalam penelitian ini adalah 62 orang, yakni 30 orang siswa di kelas eksperimen dan 32 orang siswa di kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji testt , yakni merubah data ordinal ke interval, uji normalitas dengan menggunakan tes Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan menggunakan uji varian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa model Pembelajaran Predict Observe Explain terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan analisis Uji-t dari skor berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel baik pada taraf signifikan 5% (1,671) dan 1% (2,391) yaitu 1,671 < 4,840 > 2,391 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji pengaruh effect Sizes juga menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tembilahan Hulu adalah sebesar 1,1423 yaitu pada rentang > 0,8 atau Effect Sizes tegolong tinggi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Predict Observe Explain, kemampuan berfikir kritis siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 07:21 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 07:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/40305 |
Actions (login required)
View Item |