Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tualang Kabupaten Siak

Mardiati Diantama, - (2020) Pengaruh Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV ).pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mardiati Diantama, (2020): Pengaruh Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh secara signifikan pembelajaran remedial dan pengayaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madarasah Aliyah Se-Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini berdasarkan pada masalah rendahnya hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisa correlational. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tualang Kabupaten Siak yang berjumlah 389 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin yakni sebanyak 109 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket yang dianalisis menggunakan regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan nilai R2 (koefisien determinasi) atau R Square sebesar 0.750 atau 75,0%. Nilai ini dapat diartikan bahwa perubahan hasil belajar siswa oleh perubahan nilai variabel pembelajaran remedial dan pengayaan adalah 75,0% sedangkan 25 % ditentukan oleh perubahan faktor lain yang tidak ada dalam model. Nilai t hitung untuk variabel pembelajaran remedial (X1) adalah 10.615 dan untuk variabel pembelajaran pengayaan (X2) adalah 15.023. Nilai t tabel untuk n=109 dengan derajat bebas n-k-1=106 dan tingkat kepercayaan 5 % atau alpha 0,05 adalah 1.982. Sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran remedial dan pengayaan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Kata Kunci : Remedial, Pengayaan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 03 Feb 2021 11:12
Last Modified: 03 Feb 2021 11:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38530

Actions (login required)

View Item View Item