Sakinah, - (2020) Efektivitas Penggunaan Value Clarification Technique(VCT) dalam Membentuk Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (854kB) |
Abstract
ABSTRAK Sakinah, (2020):Efektivitas Penggunaan Value Clarification Technique(VCT) dalam Membentuk Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Pekanbaru Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu efektivitas penggunaan value clarification technique (variabel X) dan sikap toleransi siswa (variabel Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektif penggunaan value clarification technique dalam membentuk sikap toleransi siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 pekanbaru dan objeknya adalah efektivitas penggunaan value clarification technique dalam membentuk sikap toleransi siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 365 siswa, dan diambil sampel sebanyak 54 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui angket dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya adalah korelasi deskriptif kuantitatif menggunakan teknik product moment. Dari analisis data dapat dilihat bahwa penggunaan value clarification technique di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Pekanbaru berada pada kategori sangat baik/sangat tinggi dengan persentase 83,92% dan sikap toleransi siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Pekanbaru berada pada kategori baik/tinggi dengan persentase 80,14%. Sedangkan hasil analisis statistic dengan menggunakan uji korelasi product moment diperoleh dari 0,650 lebih besar dari pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,273 maupun pada taraf 1% sebesar 0,354. Dengan demikian berarti diterima dan ditolak, berarti ada efektivitas yang positif antara penggunaan value clarification technique dalam membentuk sikap toleransi siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Kata Kunci :Efektivitas, Penggunaan, Value Clarification Technique, Sikap Toleransi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 10:21 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 10:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/37663 |
Actions (login required)
View Item |