Nur Izzati Dinillah, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Coopertive Integrated Reading and Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Cerita Narasi pada Tema Peristiwa Kehidupan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
||
|
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nur Izzati Dinillah, 2020 : Penerapan Model Pembelajaran Coopertive Integrated Reading and Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Cerita Narasi pada Tema Peristiwa Kehidupan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami cerita narasi pada tema peristiwa kehidupan siswa melalui penerapan model pembelajaran coopertive integrated reading and composition kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan memahami cerita narasi diantaranya siswa kurang mampu menetukan gagasan pokok, amanat dan kesimpulan isi bacaan dalam cerita narasi.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa kelas. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dan kemampuan memahami cerita narasi siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran coopertive integrated reading and composition dapat meningkatkan kemampuan memahami cerita narasi siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh nilai kemampuan memahami cerita narasi siswa rata-rata mencapai 58,81% dengan kategori sangat rendah. Kemudian dilakukan tindakan dengan model pembelajaran coopertive integrated reading and composition pada siklus I, nilai kemampuan memahami cerita narasi siswa sedikit lebih meningkat dengan rata-rata 72,91% dengan kategori rendah. Pada siklus II nilai kemampuan memahami cerita narasi siswa meningkat dengan rata-rata 82,24% dengan kategori tinggi. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran coopertive integrated reading and composition pada tema peristiwa kehidupan siswa dapat meningkatkan kemampuan memahami cerita narasi siswa di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Coopertive Integrated Reading and Composition, Kemampuan Memahami Cerita Narasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 07:59 |
Last Modified: | 18 Jan 2021 07:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31898 |
Actions (login required)
View Item |