Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMAHAMAN MATERI ILMU TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA AL-HAKIMIYAH PARINGGONAN KABUPATEN PADANG LAWAS

Saidah Fathul J Siregar, - (2020) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI ILMU TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA AL-HAKIMIYAH PARINGGONAN KABUPATEN PADANG LAWAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Saidah Fathul J Siregar, (2019): Pengaruh Pemahaman Materi Ilmu Tajwid terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Hakimiyah Paringgonan Kabupaten Padang Lawas Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu satu variabel bebas (X) dan satu variabel terikat (Y) pemahaman materi ilmu tajwid X terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Y. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemahaman materi ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Hakimiyah Paringgonan Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian adalah penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 271 orang, sedangkan sampelnya sebesar 35% dengan jumlah 95 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik mengumpulan data menggunakan tes tertulis dan, tes praktik, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan korelasi product moment. Perhitungan data menggunakan program SPSS Versi 21.0 for windows. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh pemahaman materi ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Hakimiyah Paringgonan Kabupaten Padang Lawas. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien sebesar 0,400 dengan nilai probabilitas 0,000, nilai p < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Besarnya sumbangan variabel X terhadap Y adalah 16% dan sisanya 84% dipengaruhi oleh variabel lain. Hal ini mengandung arti bahwa semakin baik pemahaman materi ilmu tajwid maka semakin baik pula kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Hakimiyah Paringgonan Kabupaten Padang Lawas. Kata Kunci: Pemahaman, Ilmu Tajwid, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Nov 2020 04:50
Last Modified: 23 Nov 2020 04:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31055

Actions (login required)

View Item View Item