Irma Mustika, - (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Irma Mustika, (2020): Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan mencari jalan keluar dari suatu masalah matematika yang tidak dapat diperoleh secara langsung. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan matematis yang sangat penting bagi siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah gaya kognitif masing-masing siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa berdasarkan gaya kognitif dengan fokus materi pada program linear. Adapun gaya kognitif yang digunakan adalah gaya kognitif FI (field independence) yang cenderung memisahkan suatu unsur dari kesatuannya dan FD (field dependence) yang cenderung memandang unsur sebagai suatu kesatuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Bengkalis. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data berupa tes gaya kognitif, tes soal kemampuan pemecahan masalah matematis, dan wawancara. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa secara keseluruhan, siswa FI mampu memecahkan masalah lebih baik dari siswa FD, namun masih perlu diuji signifikansinya. Sebagian besar siswa FI mampu memecahkan masalah pada kasus yang memaksimumkan dengan sangat baik namun kesulitan pada kasus yang meminimumkan. Sementara sebagian besar siswa FD kesulitan dalam memecahkan masalah baik pada kasus yang memaksimumkan maupun pada kasus yang meminimumkan. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Gaya Kognitif, Kualitatif, Program Linear
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 06:49 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 06:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30813 |
Actions (login required)
View Item |