Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU

Yunita Rahmadanis, - (2020) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI YUNITA RAHMADANIS.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Yunita Rahmadanis, (2020) : Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran The Power of Two Terhadap Minat Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa hal ini di tandai dengan gejala pada yaitu pada saat pembelajaran berlangsung siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, hal ini terlihat dari siswa yang berbicara dengan teman di sebelahnya, masih ada siswa yang mengantuk pada saat jam pembelajaran IPS, masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru, bahkan ada yang tidak tahu tentang tugas tersebut, ada juga siswa yang masih mengerjakan tugas selain pelajaran IPS yang diberikan oleh guru, sebagian siswa tidak mau bertanya jika sulit dalam memahami pelajaran yang baru saja di jelaskan.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 130 Pekanbaru yang terdiri dari empat kelas. Dari empat kelas tersebut ditentukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen adalah kelas VA sedangkan kelompok kontrol adalah Kelas VB dengan teknik sampel tanpa acak. Sedangkan objek peneliti ini adalah Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui strategi the power of two. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran the power of two untuk kelas eksperimen. Dalam penelitian ini, ada 4 kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran the power of two. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan minat belajar siswa maka data dianalisi dengan memperhatikan skor dari angket yang telah diisi oleh siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol.Berdasarkan hasil analisis data dari observasi tersebut, ditarik kesimpulan bahwa dari hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pencapaian minat belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 82,93% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 73,67%. Berdasarkan tabel out put Independent sampel test di ketahui bahwa hasil tes t sebesar 4,984 dengan df = 60. perbedaan mean 10,73937. Perbedaan standar error2,15493. Jika harga t hitung = 4,984 dibandingkan dengan ttable maka diperoleh bahwa t hitung> tabel t taraf signifikan 5% (1,671) dan 1% (2,390) atau 1,671 < 4,984 > 2,390 yang berarti maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara Penggunaan Strategi Pembelajaran The Power of Two Terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru ‖ Kata kunci: Strategi Pembelajaran the Power of Two, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Oct 2020 02:15
Last Modified: 05 Oct 2020 02:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30709

Actions (login required)

View Item View Item