Rati Oktaviani, - (2020) PENERAPAN STRATEGI BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PULAU TENGAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV rati(1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (831kB) |
|
Text
jilid rati pgmi.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Rati Oktaviani, (2020): Penerapan Strategi Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pulau Tengah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Strategi Berbasis Masalah Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pulau Tengah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Peneliti ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa di antaranya, siswa belum menunjukkan kegairahan dalam belajar cenderung diam dan tidak ada keinginan untuk bertanya, siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru, siswa kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran hal ini terlihat dari siswa yang sibuk dengan kegiatan masing-masing dan siswa kurang tertarik mengikuti proses pembelajaran hal ini siswa sering keluar masuk kelas ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 20 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah Strategi Berbasis Masalah dan motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitaf dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa Strategi Berbasis Masalah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 58,80%, dengan kategori “rendah”. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 63,50% dengan kategori “cukup tinggi”. Sedangkan pada siklus II, motivasi belajar siswa mencapai rata-rata persentase 77,20% dengan kategori “tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Strategi Berbasis Masalah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci : Strategi Berbasis Masalah, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 03:42 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 03:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30490 |
Actions (login required)
View Item |