MUHAMMAD SALEH, - (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) SE-KOTA PEKANBARU (Kajian Tentang Penerapan Manajemen Kurikulum). Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
DISERTASI MUHAMMAD SALEH OK 2.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB IV)
Disertasi BAB IV MUHAMMAD SALEH OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Disertasi ini berjudul: IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) SE-KOTA PEKANBARU (Kajian Tentang Penerapan Manajemen Kurikulum). Rumusan masalah : (1) Bagaimana implementasi manajemen kurikulum pendidikan Islam SMPIT se-Kota Pekanbaru ? (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi implementasi manajemen kurikulum pendidikan Islam SMPIT se-Kota Pekanbaru ? dan (3) Bagaimana ketersediaan sumber daya pendukung implementasi manajemen kurikulum Pendidikan Islam SMPIT se-Kota Pekanbaru ? Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data : deduktif, induktif dan komperatif. Hasil penelitian: Implementasi manajemen kurikulum Pendidikan Islam SMPIT se-Kota Pekanbaru : dalam penerapan manajemen kurikulum pendidikan Islam di SMPIT yang ada di Pekanbaru, yaitu di SMPIT al-Fityah, SMPIT al-Ittihad Rumbai, SMPIT Madani Swadaya Ummah, SMPIT Aziziyyah, SMPIT Future Islamic School, dan SMPIT alAzhar School terdapat 4 ciri atau karaktersitik. Pertama, dalam penerapan manajemen kurikulum Pendidikan Islam di SMPIT yang ada di Kota Pekanbaru, adalah selain mengacu pada Kurikulum Diknas plus; yaitu dengan melengkapi kurikulum dengan muatan pendidikan Islam yang dirancang khusus dengan pendekatan teori kecerdasan Spiritual, Emosional, Intelektual dan Fisik, dengan kombinasi teori kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences). Keterpaduan pendidikan Islam SMP Islam Terpadu meliputi Aqidah, Ibadah, dan Akhlaqul Karimah. Kedua, dalam penerapan manajemen kurikulum di SMPIT Kota Pekanbaru, adalah keterpaduan dalam metode pembelajaran sehingga mengoptimalkan ranah kognitif, afektif dan konatif. Dalam aplikasinya dapat dilihat antara lain dari masa belajar penuh waktu (Full Day School) mulai pukul 07.30 hingga 16.00 (hari Senin s/d Jum’at) sehingga di samping mendapatkan materi pendidikan dalam kelas (in door), murid dapat mengikuti 2 x shalat berjamaah (Zhuhur dan Ashar), snack dan makan siang serta kegiatan luar kelas (out door) secara lebih maksimal. Ketiga, memadukan pendidikan aqliyah, ruhiyah dan jasadiyah di SMP Islam Terpadu, antara lain dapat dilihat dari Program Unggulan dan Program Kegiatan Ekstra Kurikuler, yang mencakup: kurikulum riset, portofolio, teknologi informasi, kurikulum al-Qur’an, Applied Management, Caracter building, dan Native Program : Bahasa Arab dan Inggris Sebagai Bahasa Kedua. Keempat, dalam penerapan manajemen kurikulum pendidikan Islam di SMPIT yang ada di Kota Pekanbaru adalah memadukan keterlibatan dan partisipasi aktif lingkungan belajar yaitu : sekolah, rumah dan masyarakat. Selain organisasi yang terkait dengan penyelenggara pendidikan di atas, untuk mewadahi peran serta dan keikutsertaan orang tua dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di SMP Islam Terpadu di Pekanbaru. Faktor yang mempengaruhi implementasi manajemen kurikulum Pendidikan Islam SMPIT Se-Kota Pekanbaru: faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan manajemen kurikulum pendidikan Islam SMPIT al-Fityah, SMPIT al-Ittihad Rumbai, SMPIT Madani Swadaya Ummah, SMPIT Aziziyyah, SMPIT Future Islamic School, dan SMPIT al-Azhar School, mencakup : dana, sumber daya manusia, sarana dan parasarana, kesejahteraan guru, partisipasi orangtua dan masyarakat. Ketersediaan sumber daya pendukung implementasi manajemen kurikulum Pendidikan Islam SMPIT Se-Kota Pekanbaru, mencakup : kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, pemahaman tentang budaya mutu, peran serta masyarakat, orangtua dan wali murid.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 02:21 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 02:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30481 |
Actions (login required)
View Item |