Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru

Nadia Amelia, - (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nadia Amelia, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru Penelitian yang dilakukan ini didasarkan kepada permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kurangnya metode yang dilakukan pada pembelajaran yang ada. Usaha yang dilakukan peneliti dalam hal ini adalah menerapkan pembelajaran pendekatan Open–Ended dengan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) diharapkan bisa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan Open-Ended dengan Model Pembelajaran NHT dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika berdasarkan kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini adalah VII.5 sebagai kelas kontrol dan VII.1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunkan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two Factorial design). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended denganpembelajaran model NHT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2) Terdapat kontribusi yang diberikan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan pendekatan NHT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan NHT berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 3 Pekanbaru. Kata kunci: Pendekatan Open-Ended), Model NHT (Numbered Head Together) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Matematika, Quasi Eksperimen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:59
Last Modified: 15 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30374

Actions (login required)

View Item View Item