Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tarmizi Bakhri Nasution

Tarmizi Bakhri Nasution, - (2020) Tarmizi Bakhri Nasution. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Tarmizi Bakhri Nasution, (2019): Pengaruh Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa dan objek penelitian ini adalah pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pekanbaru. Populasi berjumlah 375 orang siswa, oleh karena jumlah subjek terlalu banyak, maka diadakan penarikan sampel 20% dengan jumlah 75 siswa. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah cara belajar siswa sebagai variabel bebas (X) dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam sebagai variabel terikat (Y). untuk mengumpulkan data cara belajar siswa penulis menggunakan angket dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam penulis menggunakan nilai MID Semester siswa. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan uji korelasi menggunakan SPSS Versi 23. Diperoleh nilai rhitung sebesar 0.407 dengan nilai probabilitas 0.000. Sehingga nilai P < 0.05 (0.000 < 0.05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dibuktikan juga oleh uji koefisien korelasi dengan nilai rhitung sebesar 0.407 lebih besar dari rtebel pada taraf signifikan 5% = 0.227 atau (0.407 > 0.227). dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pekanbaru. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R Square adalah 0.166. hal ini menunjukkan bahwa sumbangan pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 16.6%, sedangkan sisanya sebesar 83.4% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Cara Belajar Siswa, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Sep 2020 08:50
Last Modified: 22 Sep 2020 08:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30125

Actions (login required)

View Item View Item