Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V MI AL-HIDAYAH PEKANBARU

Isna Herwati Fitri, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V MI AL-HIDAYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Isna Herwati Fitri , (2020) : Penerapan Metode Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan berbicara peserta didik melalui penerapan metode time token di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik, hal ini terlihat dari beberapa hal diantaranya adalah peserta didik terlihat kaku saat diminta berbicara di depan kelas, berbicara dengan tidak santai dan terbata-bata, lebih banyak menundukkan kepala pada saat berbicara yang mengakibatkan pembicaraan menjadi tidak jelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 11 orang siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran time token dan keterampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan berbicara peserta didik pada pelajaran tematik sebelum tindakan hanya mencapai 53,2% atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan keterampilan berbicara pada siklus I meningkat menjadi 60,45% dengan kategori cukup dan pada siklus II keterampilan berbicara peserta didik kembali meningkat menjadi 83,4% dengan kategori baik. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran tematik di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Pekanbaru. Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Time Token, dan Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Aug 2020 01:51
Last Modified: 31 Aug 2020 01:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29895

Actions (login required)

View Item View Item