Lany Utami Mulyani, - (2020) “ANALISIS STRATEGI SEGMENTASI PASAR DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PADA PT. AGUNG SOLUSI TRANS (AGUNGRENT) CABANG DUMAI DI TINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
Abstract
ABSTRAK Lany Utami Mulyani (2020): Analisis Strategi Segmentasi Pasar dalam Meningkatkan Omset Penjualan pada PT. Agung Solusi Trans (AgungRent) Cabang Dumai di Tinjau Menurut Ekonomi Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh segmentasi pasar yang dijalankan oleh PT. Agung Solusi Trans (AgungRent) cabang Dumai yang belum mampu meningkatkan omset penjualan setiap bulannya, karena peningkatan omset penjualan hanya terjadi di bulan-bulan tertentu saja dan cenderung menurun pada bulan lainnya. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana strategi segmentasi pasar yang dilakukan oleh PT. Agung Solusi Trans (AgungRent) cabang Dumai dalam meningkatkan omset penjualannya dan bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap strategi segmentasi pasar dalam meningkatkan omset penjualan pada PT. Agung Solusi Trans (Agungrent) cabang Dumai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi segmentasi pasar dan tinjauan ekonomi Islam dalam meningkatkan omset penjualan pada PT. Agung Solusi Trans (AgungRent) cabang Dumai. Responden pada penelitian ini berjumlah 4 orang, yaitu 1 orang manager dan 3 orang karyawan PT. Agung Solusi Trans (AgungRent) cabang Dumai dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling dimana pengambilan sampel sumber data dilakukan dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa perusahaan memiliki berbagai macam strategi segmentasi guna kemajuan perusahaannya. Strategi segmentasi yang dilakukan oleh PT. Agung Solusi Trans (AgungRent) cabang Dumai adalah berdasarkan segmen geografis dan segmen demografis. Dimana dengan segmen geografis perusahaan memilih lokasi yang strategis karena melihat besarnya peluang di Kota Dumai. Sedangkan dengan segmen demografis perusahaan mengelompokkan konsumennya berdasarkan tingkat pekerjaan yaitu pelajar/mahasiswa, pegawai, dan umum seperti karyawan swasta. Dalam pandangan Islam strategi segmentasi pasar yang dilakukan oleh PT. Agung Solusi Trans (AgungRent) telah sesuai dengan prinsip Islam, karena bagi PT. Agung Solusi Trans (AgungRent) keuntungan bukan satu-satunya tujuan dalam menjalankan bisnis. Karena, menjalankan bisnis atau usaha yang sesuai syariat juga merupakan ibadah dan juga bisa memberikan manfaat kepada konsumen. Kata kunci: Segmentasi Pasar, Omset Penjualan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 02:06 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 02:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29787 |
Actions (login required)
View Item |