DEDI SUNARDI, - (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU TEKS SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI)KELAS VII MTS TERBITAN TIGA SERANGKAI DAN ERLANGGA. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
TESIS DEDI SUNARDI OK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
10. BAB IV TESIS DEDI SUNARDI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidkan karakter yang termuat dalam buku teks siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI ) kelas VII Madrasah Tsanawiyah terbitan Tiga Serangkai dan Erlangga. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research ), karena data yang diteliti berupa naskah-naskah, buku-buku atau majalah-majalah yang bersumber dari khazanah kepustakaan, dan sifat dari penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dasar (primary data/basic data ) diperoleh langsung dari sumber utama, yaitu: buku teks pelajaran (buku pegangan siswa )Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII Madrasah Tsanawiyah terbitan Tiga Serangkai dan terbitan Erlangga Koordinator Naskah: H. Darsono dan T. Ibrahim, Penelaah: Yusuf Ibrahim, cetakan kedua tahun 2014, yang disosialisasikan oleh Kemendikbud. Teknik Analisa data menggunakan analisis isi (Content Analysisi ) dan Interpretatif. Nilai pendidikan karakter yang dijadikan sebagai instrumen dalam penelitian ini adalah sebagaimana yang dirumuskan oleh Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional, yang mencakup 18 (delapan belas ) nilai karakter : (1) religius, (2) jujur, (3 ) toleransi, (4 ) disiplin, (5) kerja keras, (6)kreatif, (7) mandiri, (8) demokratis, (9) rasa ingin tahu, (10) semangat kebangsaan, (11) cinta tanah air, (12) menghargai prestasi, (13) bersahabat/ komunikatif, (14) cinta damai, (15) gemar membaca, (16 )kepedulian terhadap lingkungan, (17) kepedulian sosial, dan (18)tanggung jawab, yang kemudian disederhanakan menjadi empat (4) nilai yakni, nilai religius, nilai kebijakan diri (jujur, tanggung jawab, kerja keras, disiplin dan mandiri ) nilai sosial (toleransi, bersahabat, peduli lingkungan dan peduli sosial ) dan nilai pengabdian (demokrasi, semangat kebangsaan dan cinta tanah air ). Hasil pembahasan ini menunjukan bahwasanya Buku Teks Sejarah Kebudayaan Islam (SKI ) kelas VII Madrasah Tsanawiyash terbitan Tiga Serangkai lebih banyak memuat nilai pendidkan karakter baik dalam bentuk nilai religius, nilai kebijakan diri, nilai sosial maupun nilai pengabdian, dari pada Buku Teks Sejarah Kebudayaan Islam (SKI ) kelas VII Madrasah Tsanawiyash terbitan Erlangga. Peneliti merekomendasikan Buku Teks Sejarah Kebudayaan Islam (SKI ) kelas VII Madrasah Tsanawiyash terbitan Tiga Serangkai lebih layak untuk dijadikan buku peket / pegangan siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI ). Kata Kunci: Pendidikan Karakter, dan Kebudayaan Islam
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 05:05 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 05:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29637 |
Actions (login required)
View Item |