Ni’matussolihah, - (2020) PENGARUH STRATEGI ISLAMIC MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA PRODUK HNI HPAI (HALAL NETWORK INTERNATIONAL HERBA PENAWAR AL-WAHIDA INDONESIA) DI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNG KECUALI BAB IV.pdf Download (17MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Ni’matussolihah (2020) : Pengaruh Strategi Islamic Marketing Mix Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Produk HNI HPAI (Halal Network International Herba Penawar Al-wahida Indonesia) Di Kota Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya minat dan pembelian masyarakat terhadap produk HNI HPAI (Halal Network International Herba Penawar Al-wahida Indonesia)di Kota Pekanbaru .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk menguji dan menganalisis pengaruh Islamic marketing mix yang terdiri dari produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), sumber daya manusia/SDM (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence), terhadap keputusan pembelian baik secara langsung maupun melalui minat beli sebagai variabel intervening. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen produk HNI HPAI di kota Pekanbaru sejumlah 100 orang. Pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path) dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh strategi Islamic marketing mix terhadap minat beli secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada produk HNI HPAI di Kota Pekanbaru, sedangkan secara parsial pada variabel harga dan bukti fisik ditemukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sementara sisanya yaitu variabel produk, tempat, promosi, SDM dan proses ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli dalam penelitian ini. Pengaruh strategi Islamic marketing mix terhadap keputusan pembelian secara simultan memiliki yang positif dan signifikan pada produk HNI HPAI di kota Pekanbaru, sedangkan secara parsial pada variabel harga ditemukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara sisanya yaitu variabel produk, tempat, promosi, SDM, proses, dan bukti fisik ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dalam penelitian ini. Pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Pengaruh Islamic marketing mix terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening menunjukkan bahwa ada pengaruh pada variabel harga, tempat, promosi dan bukti fisik terhadap keputusan pembelian setelah melalui minat beli sebagai variabel intervening. Sedangkan pada variabel produk, SDM, dan proses tidak ada pengaruh terhadap keputusan pembelian setelah melalui minat beli sebagai variabel intervening. Diharapkan bagi pemasar atau agen HNI HPAI agar memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli dan keputusan pembelian dengan tujuan supaya penjualan pada produk HNI HPAI semakin meningkat peneliti selanjutnya agar menambahkan variabel lainnya yang berhubungan dengan minat beli dan keputusan pembelian serta melakukan perluasan sampel sehingga akan mendekati gambaran hasil yang lebih mendekati kondisi yang sebenarnya/ Kata Kunci: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang/Sumber Daya Manusia (SDM), Proses, Bukti Fisik, Minat Beli dan Keputusan Pembelian.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 03:05 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 03:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28190 |
Actions (login required)
View Item |