SITI MAIMUNAH, - (2020) KOMPETENSI TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
SITI.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Maimunah, (2020): Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kompetensi yang dimiliki oleh tenaga administrasi sekolah dan bagaimana pelaksanaan kompetensi tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah tenaga administrasi sekolah yaitu Kepala tenaga administrasi sekolah (TAS), tenaga administrasi bidang kepegawaian, tenaga administrasi bidang kesiswaan, dan tenaga administrasi bidang persuratan dan pengarsipan. Sedangkan objek penelitian ini adalah kompetensi tenaga administrasi sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Data penelitian diperoleh menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data transkripsi, pengkodean dan kategorisasi dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Kompetensi yang dimiliki oleh tenaga administrasi sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru sudah sesuai dengan standar kompetensi tenaga administrasi sekolah yang ada dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2008 yang berisi tentang kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi teknis dan kompetensi manajerial (khusus bagi Kepala TAS). 2. Pelaksanaan kompetensi tenaga administrasi sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru sudah dilaksanakan dengan maksimal dan sesuai dengan teori yaitu: a. Kompetensi kepribadian dilaksanakan dengan mampu bertanggungjawab atas tugas yang diberikan, tetapi masih ada staf yang belum bias bertanggungjawab atas tugas yang diberikan sehingga pekerjaan tesebut menumpuk, bias saling menghargai pendapat tenaga administrasi lain, mampu bersikap adil dengan semua tenaga administrasi, bersikap disiplin dalam bekerja, memiliki ketelitian dalam bekerja, menyesuaikan tugas sesuai dengan pedoman kerja, dan memiliki strategi dalam menyelesaikan pekerjaan. b. Kompetensi sosial dilaksanakan oleh tenaga administrasi yaitu saling bekerjasama dalam tim, memberikan pelayanan prima kepada stakeholders yang memiliki kepentingan dalam urusan adminsitrasi, berkomunikasi secara efektif, dan bisa membangun hubungan kerja yang kondusif. c. Kompetensi teknis dilaksanakan oleh tenaga administrasi dengan mengerjakan tugas berdasarkan pada Job description yang diberikan Kepala TAS. d. Kompetensi manajerial yang dilaksanakan Kepala TAS adalah dengan membina tenaga administrasi yaitu selalu mengontrol pekerjaan tenaga administrasi, dalam mengontrol Kepala TAS juga membuat buku laporan kinerja perharinya dan tenaga administrasi wajib mencatat pekerjaan yang sudah selesai dikerjakan. Selanjutnya Kepala TAS mengembangkan tenaga administrasi dengan cara memberikan arahan dan memotivasi tenaga administrasi agar bisa professional dalam melakukan pekerjaan sesuai tugasnya masing-masing. Kata Kunci: Kompetensi, Tenaga Administrasi Sekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 04:28 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 04:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27725 |
Actions (login required)
View Item |