Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA USAHA CAFÉ TERAS SENSASI DI JL KH AHMAD DAHLAN DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Intan Anjli Ningrum, - (2020) PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA USAHA CAFÉ TERAS SENSASI DI JL KH AHMAD DAHLAN DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)

Abstract

ABSTRAK Intan Anjli Ningrum, (2020): Pengaruh Faktor Psikologi terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Café Teras Sensasi Jl. KH Ahmad Dahlan Ditinjau dari Ekonomi Islam Dunia usaha makanan atau kuliner sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, khususnya tempat yang membuat nyaman konsumen yaitu tempat berkumpul sambil bersantai menikmati makanan atau minuman. Sekarang sudah banyak tempat bekumpul di Pekanbaru yaitu salah satunya Café yang saat ini banyak diminati konsumen. Konsumen akan terdorong membeli makanan dan minuman yang sesuai kebutuhan mereka lalu mereka akan memilih memutuskan untuk membeli di tempat Café. Dalam Café Teras Sensasi yang menyediakan makanan minuman yang akan dibeli oleh konsumen melalui faktor psikologi, salah satu faktor yang mempengaruhi konsumen melakukan keputusan pembelian. Karena faktor pikologi merupakan faktor dalam diri konsumen dalam melakukan pembelian di Café Teras sensasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh faktor psikologi terhadap keputusa pmbelian di Café Teras sensasi tersebut. Penelitian ini dilakukan di Café Teras Sensasi Jl.KH Ahmad Dahlan Pekanbaru. Dengan metode Non Probability Sampling dibantu dengan teknik prosedur pencarian responden dengn teknik Accidental Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang dengan menggunakan rumus kemudahan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara,observasi, angket, dan dokumentasi. Selanjutnya penulisenganalisis data dengan menggunakan kuantitatif, yaitu menggunakan regresi linear sederhana dengan uji linear sederhana. Dari hasil penelitian ini, terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh faktor psikologi terhadap keputusan pembelian. Hal ini dikarenakan nilai thitung > ttabel yaitu 12,980 > 1,98552 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji regresi linear sederhana Y = 1,859 + 0,450X artinya apabila variabel faktor psikologis terhadap keputusan pembelian ditingkatkan 1 satuan maka pemberdayaan ekonomi mustahiq juga akan meningkat 0,450 dan tanda (+) yang berarti bahwa faktor psikologi berpengaruh positif terhadapkeputusan pembelian. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,642 yang artinya faktor psikologi memberikan pengaruh sebesar 62,2% terhadap keputusan pembelian dan 38,5% perubahan faktor psikologi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Dan hasil koefisien korelasi sebesar 0,801 yang berarti bahwa korelasi antara faktor psikologi dengan keputusan pembelian memiliki hubungan yang sangat kuat. Adapun tinjauan ekonomi syariah pada pengaruh faktor psikologi terhadap keputusan pembelian sesuai dengan islam. Psikologi konsumen terdapat al-nafs, al-aql, al-qalb, al-rub, dan al-fitrah membeli di Café Teras Sensasi sesuai keputusan dengan kehati-hatian dan memilih produk yang halal. Café Teras Sensasi menjual produk yang halal sesuai syariat Islam sehingga konsumen terdorong membeli di Café tersebut. Kata Kunci: Faktor Psikologis dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:29
Last Modified: 25 Jun 2020 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27580

Actions (login required)

View Item View Item