Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MINAT BELAJAR

Junika Hermaini, - (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MINAT BELAJAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI JUNIKA HERMAINI.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Junika Hermaini, (2020): Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Minat Belajar Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPM) adalah salah satu kompetensi matematis yang sangat penting untuk dikuasai oleh peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi KPM peserta didik adalah minat belajar yang dimiliki oleh peserta didik tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis KPM yang dimiliki oleh peserta didik ditinjau dari minat belajar dengan fokus materi pada Trigonometri (Sudut Ganda). Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 1 Pekanbaru. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data berupa tes soal kemampuan pemecahan masalah matematis, angket minat belajar peserta didik, dan wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis melalui 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, menarik simpulan dan verifikasi. Hasil pembahasan menunjukkan peserta didik dengan kategori minat tinggi mampu menyelesaikan pemecahan masalah dari tiap tahap-tahapan pemecahan masalah dengan benar. Peserta didik dengan kategori minat sedang dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, mampu menyelesaikan pemecahan masalah soal dan memenuhi semua indikator, namun dalam beberapa tahapan lainya masih kurang sistematis dalam penyelesaiannya. Peserta didik dengan kategori minat rendah hanya mampu menyelesaikan pada tahapan memahami masalah, merencanakan strategi, dan melaksanakan strategi meskipun belum maksimal, dan belum mampu untuk memeriksa kembali. Implikasi dari penelitian ini ialah diharapkan guru mampu meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis sehingga peserta didik mampu memecahkan masalah matematis dengan baik dan benar. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPM), Minat Belajar, Kualitatif, Deskriptif, Trigonometri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:00
Last Modified: 17 Jun 2020 02:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27328

Actions (login required)

View Item View Item