Yola Rosalia, - (2020) PENGARUH SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SEMUA SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (15MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Yola Rosalia, (2019) : Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah terhadap Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tapung Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang terdiri dari dua variabel: yaitu varibel supervisi klinis kepala sekolah (X) dan mutu pembelajaran (Y). supervisi klinis adalah suatu proses pengembangan profesional guru/calon guru, terutama terhadap guru yang memiliki kesulitan dalam mengajar guna mendapatkan bimbingan dan pembenahan setelah ditinjau dari permasalahannya. Mutu pembelajaran merupakan keadaan atau hasil yang dicapai dari upaya kegiatan guru secara terprogram membuat siswa aktif untuk belajar dengan baik dari berbagai sumber dalam mencapai keberhasilan tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan antara supervisi klinis kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tapung. Subjek penelitian ini adalah guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tapung. Objek penelitian ini adalah pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tapung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tapung yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis koefesien determinasi. Hal ini dibuktikan dengan uji korelasi dengan rhitung 0.578 lebih besar dari rtable pada taraf signifikan 5% dan 1% yaitu 0.3610 dan 0.4629 atau (0.3610 < 0.578 > 0.4629). Dan hasil perhitungan koefesien determinasi (R Square) sebesar 0.334. Hal ini menunjukkan bahwa sumbangan supervisi klinis kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran adalah sebesar 33,4%. Dengan kata lain selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang di luar dari penelitian ini seperti halnya kemampuan mengajar pada gurunya, sarana prasarana sekolah, ataupun dari peserta didik itu sendiri yang membuat semakin tingginya mutu pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tapung. Kata Kunci : Pengaruh, Supervisi Klinis dan Mutu Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 12 Jun 2020 04:00 |
Last Modified: | 12 Jun 2020 04:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27210 |
Actions (login required)
View Item |