Sofiah (2017) PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DI SMP IT KHALID BIN WALID PASIR PENGARAIAN KABUPATEN ROKAN HULU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1 2017157PAI-S2Cover.pdf Download (259kB) |
|
Text
2 2017157PAI-S2Pengesahan.pdf Download (289kB) |
|
Text
3 2017157PAI-S2Abstrak.pdf Download (452kB) |
|
Text
4 2017157PAI-S2Kata Pengantar.pdf Download (270kB) |
|
Text
5 2017157PAI-S2Daftar Isi.pdf Download (263kB) |
|
Text
6 2017157PAI-S2Bab 1.pdf Download (294kB) |
|
Text
7 2017157PAI-S2Bab II.pdf Download (1MB) |
|
Text
8 2017157PAI-S2Bab III.pdf Download (273kB) |
|
Text
9 2017157PAI-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
|
Text
10 2017157PAI-S2Bab V.pdf Download (266kB) |
|
Text
11 2017157PAI-S2Daftar Pustaka.pdf Download (261kB) |
Abstract
Salah satu syarat dalam menentukan lembaga pendidikan yang bermutu adalah bagaimana ia mampu mengatur dan mengelola serta melaksanakan kurikulumnya. Stagnannya prestasi siswa di berbagai sekolah, salah satu penyebabnya adalah lemahnya pelaksanaan manajemen kurikulum oleh pihak Sekolah, dalam hal ini Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah urusan kurikulum dan yang terlibat langsung dengan siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana penerapan manajamen kurikulum dan faktor yang mempengaruhinya di SMP IT PP. Khalid Bin Walid Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research )yang difokuskan pada penerapan manajemen kurikulum di SMP IT PP. Khalid Bin Walid Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, peneliti menggunakan metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu mendikripsikan penerapan dan factor-faktor yang mempengaruhi penerapan manajemen kurikulum di SMP IT PP. Khalid Bin Walid Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu, kemudian menganalisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; Pertama, Penerapan manajemen kurikulum di SMP IT Khalid Bin Walid yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru adalah 1). Kepala sekolah dan guru melakukan perencanaan, yaitu merumuskan Tujuan Lembaga Pendidikan, Diagnosis kebutuhan, Merumuskan Program Tahunan (Prota ), Merumuskan Program Semester (Promes ), dan Merencanakan Silabus dan RPP; tahap 2). Kepala sekolah dan guru melakukan seleksi dan organisasi Isi, Seleksi dan Organisasi Pengalaman Belajar, Pengembangan metode pembelajaran, Pengembangan program life skill (pengembangan diri ) dan pengembangan program kegiatan luar (out door learning ). Tahap 3). Kepala sekolah dan guru melakukan evaluasi, yaitu cara melakkan dan evaluasi, pengukuran ini dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan dan yayasan. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan manajemen kurikulum di SMP IT Khalid Bin Walid adalah factor perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi; faktor dinamika Sistem Pendidikan Nasional; Faktor Guru; dan Extra faktors (Alumni ).
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 02:26 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 02:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25958 |
Actions (login required)
View Item |