HARYONO (2013) IMPLEMENTASI METODE UTSMANI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR`AN DI SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAM TERPADU MUTIARA DURI KELAS I TAHUN PELAJARAN: 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013105PAI.pdf Download (808kB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an sebagai kitab suci wajib dikaji dengan melanggengkan qiraatnya, dan meningkatkan tajwidnya. Sesungguhny belajar membaca Al-Qur’an merupakan kewajiban apalagi sebagai umat Islam hendaknya kita melakukan langkah positif untuk mengembangkan pengajaran Al-Qur'an, terlebih saat ini masih banyak generasi kita yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan benar, apalagi memahaminya, dengan demikian diperlukan suatu media untuk belajar baca tulis Al-Qur'an, hal ini dengan menggunakan metode dan tekhnik belajar membaca Al- Qur'an yang praktis, efektif, dan efesien agar dapat membantu para siswa menguasai baca Al-Qur`an. Fenomena munculnya berbagai metode pembelajaran Al-Qur`an di Indonesia yang masing-masing mengklaim mempunyai kelebihan mendorong lembaga-lembaga Islam yang berbasis terpadu untuk mencoba menggunakan salah satu metode tersebut. Di antaranya adalah Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Mutiara Duri yang berupaya untuk menggunakan salah satu metode dalam pembelajaran Al-Qur`an yaitu dengan Metode Utsmani. Berangkat dari latar belakang masalah tersebut penulis ingin melakukan penelitian tentang implementasi Metode Utsmani di Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Mutiara Duri Kelas I tahun pelajaran. 2011/2012, yang selanjutnya penulis rumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi Metode Utsmani dalam pembelajaran Al-Qur`an di Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Mutiara Duri Kelas I tahun pelajaran. 2011/2012. (2) Apa kendala-kendala dalam implementasi Metode Utsmani di Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Mutiara Duri Kelas I tahun pelajaran 2011/2012 pada pembelajaran Al-Qur`an. (3) Bagaimana efektifitas implementasi Metode Utsmani di Sekolah Dasar swasta Islam Terpadu Mutiara Duri Kelas I tahun pelajaran. 2011/2012. Untuk menyajikan data secara ilmiah dan tanpa melakukan manipulasi dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, interview/wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Metode Utsmani dalam pembelajaran Al- Qur`an di sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Mutiara Duri Kelas I tahun pelajaran. 2011/2012 telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran Metode Utsmani berdasarkan buku panduannya jilid I dan jilid II. (2) Kendala-kendala dalam implementasi metode utsmani di antaranya adalah bahwa untuk tahap awal masih ada guru yang malu-malu untuk menyanyikan lagu dalam memperkenalkan huruf-huruf hijaiyah padahal pendekatan metode ini adalah dengan bernyanyi/bernasyid, akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu kendala-kendala tersebut dapat diatasi sehingga tidak menganggu proses implementasi Metode Utsmani dalam pembelajaran Al-Qur`an di Sekolah. (3) Pada tahun pelajaran 2011/2012 implementasi Metode Utsmani dalam pembelajaran Al-Qur`an di Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Mutiara Duri ternyata sangat efektif ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan baca Al-Qur`an para siswamya, dan dari hasil ujian mereka menunjukkan bahwa 96,5% sampai target dari KKM yang ditentukan oleh pihak sekolah.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 05:46 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 07:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2579 |
Actions (login required)
View Item |