VIVI PUTRI, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
BAB IV.pdf Download (499kB) |
|
Text
FULL TESIS.pdf Download (26MB) |
Abstract
ABSTRAK Vivi Putri (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Roda Putar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media roda putar terhadap pemahaman konsep siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 019 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi ekperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 019 bangkinang kota tahun 2019-2020. Pengumpulan data dengan menggunakan test untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dalam belajar. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan aplikasi SPPS versi 25. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai thitung yang diperoleh sebesar 5,655 dengan nilai sig. 0,000. Nilai ttabel untuk N = 47 adalah sebesar 2,014. Berdasarkan hal diatas diketahui bahwa nilai thitung > ttabel yaiu 5,655 > 2,014 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa ada kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional dengan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CTL berbantuan media belajar roda putar. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media roda putar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), media roda putar, pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2 |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 08:18 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 08:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25774 |
Actions (login required)
View Item |