Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL (SBI) (Analisis Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu)

TGK KURSU BADANI (2013) PELAKSANAAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL (SBI) (Analisis Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201390PAI.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

Tgk Kursu Badani: Pelaksanaan dan pengembangan kurikulum sekolah bertaraf internasional di SMKN 1 Pasir Penyu. (Tesis Program Pascasarjana UIN Suska-Riau, 2013) Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan alasan dan dasar-dasar yang digunakan dalam menetapkan arah pengembangan kurikulum sekolah bertaraf internasional. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan pengembangan kurikulum sekolah bertaraf internasional di SMKN 1 Pasir Penyu yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan, dan faktor-faktor pendukung dan penghambat serta solusinya. Diharapkan hasil dari penelitian ini sebagai salah satu sumbangan pemikiran terhadap konsep pelaksanaan dan pengembangan kurikulum di lembaga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada umumnya dan pada lembaga pendidikan yang bersangkutan. Sumber data dalam penelitian ini adalah komite sekolah, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah koordinator bidang kurikulum, guru bidang studi, dokumentasi, dan literatur-literatur yang berkaitan dengan pelaksanaan dan pengembangan kurikulum sekolah berstandar internasional. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penggalian datanya menggunakan interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis datanya disajikan dalam bentuk kata-kata bukan angka yang mengacu pada proses reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini disimpulkan, bahwa 1) pelaksanaan dan pengembangan kurikulum sekolah bertaraf internasional yang berkaitan dengan perencanaan kurikulum disusun berdasarkan kurikulum tingkat satuan pelajaran (KTSP) dengan desain kurikulum sekolah bertaraf internasional. Pengorganisasian dilakukan dengan melibatkan seluruh komponen sekolah. Kepemimpinan dilakukan berdasarkan pada fungsi leadership, memberikan motivasi, gagasan, inisiatif, inovasi dan menjalankan fungsi manajemen dengan mendeskripsikan tugas sesuai dengan kapasitas komponen organisasi sekolah. Pengawasan dilakukan melalui fungsi supervisi dan mengevaluasi kinerja masing-masing komponen organisasi sekolah. 2) Faktor-faktor pendukung pelaksanaan dan pengembangan kurikulum adalah adanya semangat berkompetisi untuk berprestasi, baik para guru maupun siswa, pengembangan staf, kelancaran mekanisme kerja komponen lembaga yang profesional dan sesuai target. Faktor penghambat antara lain ketersediaan fasilitas pendukung pembelajaran yang masih kurang sehingga kerap terjadi ketidak sesuaian antara silabus dengan aktifitas pembelajaran / diklat yang dilaksanakan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:46
Last Modified: 09 Sep 2016 07:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2564

Actions (login required)

View Item View Item