KASRI YUSUF (2013) PENGEMBANGAN DAN PELAKSANAAN KURIKULUM PAI DI SMP ISLAM AL-AMIN BENGKALIS. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_201313PAI.pdf Download (973kB) | Preview |
Abstract
Salah satu syarat dalam menentukan lembaga pendidikan yang bermutu adalah bagaimana ia mengembangkan dan melaksanakan kurikulumnya. Stagnannya prestasi siswa di berbagai sekolah, salah satu penyebabnya adalah lemahnya pelaksanaan dan pengembangan kurikulum oleh pihak Sekolah, dalam hal ini Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah urusan kurikulum dan yang terlibat langsung dengan siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan ingin mengatahui bagaimana pengembangan dan pelaksanaan kurikulum di SMP Al-Amin, sebagai salah satu sekolah swasta bergengsi di Bengkalis dan faktor yang mempengaruhi pengembangan dan pelaksanaan kurikulum di SMP Al-Amin Bengkalis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang difokuskan pada pengembangan dan pelaksanaan kurikulum di SMP Al-Amin. Aspek pengembangan kurikulum, yaitu Perencanaan dan Membuat rencana induk (master plan), Pengelolaan Kurikulum, dan Ketenagaan Kurikulum. Aspek pelaksanaan kurikulum yaitu : Struktur dan Muatan Kurikulum, Pelaksanaan program pembelajaran, serta remedial dan pengayaan. Sedangkan aspek faktor, adalah faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pelaksanaan dan pengembangan kurikulum di SMP Al-Amin Bengkalis. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, peneliti menggunakan metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu mendikripsikan pengembangan dan pelaksanaan kurikulum PAI di SMP Al-Amin Bengkalis, kemudian menganalisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; Pertama, Pengembangan kurikulum di SMP Al- Amin meliputi; perencanaan; analisis kebutuhan, menentukan desain kurikulum, Membuat rencana induk (master plan): pengembangan, pelaksanaan, dan penilaian, pengelolaan Kurikulum, dan ketenagaan Kurikulum. Semua aspek pengembangan kurikulum ini, jika dilihat dari perspektif organisasi kurikulum, telah berjalan dengan baik. Kedua, Pelaksanaan kurikulum di SMP Al-Amin meliputi beberapa hal sebagai berikut, yaitu Struktur dan Muatan Kurikulum; Tujuan, Kelompok Mata Pelajaran, Muatan Lokal, Pengembangan Diri, Beban Belajar, dan Ketuntantasan Belajar; Pelaksanaan program pembelajaran dan Remedial dan Pengayaan. Semua aspek tersebut jika dilihat dari perspektif dasar-dasar dan komponen kurikulum, telah berjalan dengan baik, dan Ketiga, Secara garis besar faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kurikulum di SMP Al-Amin Bengkalis adalah faktor perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika sistem pendidikan nasional. Sementara faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kurikulum di SMP Al-Amin Bengkalis adalah faktor kepala sekolah, faktor guru, dan faktor alumni.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 05:40 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 08:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2523 |
Actions (login required)
View Item |