Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AL-FAJAR KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU

CITRA MASTIKA HARAHAP, - (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AL-FAJAR KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)

Abstract

ABSTRAK Citra Mastika Harahap, (2019): Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Melalui Media Audio Visual terhadap Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B TK Al-Fajar Kecamatan Tampan Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan anak dalam berbahasa masih kurang baik dan lancar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2019 yang bertempat di TK Al-Fajar Kecamatan Tampan Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di TK Al-Fajar Kecamatan Tampan Pekanbaru Kelompok B dengan objeknya pengaruh penggunaan metode bercerita melalui media audio visual terhadap kemampuan bahasa anak kelompok B di TK Al-Fajar Kecamatan Tampan Pekanbaru, yang terdiri dari kelompok B1 dengan jumlah anak 10 orang dan kelas B2 dengan jumlah anak 10 orang yang bertotal 20 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver.17. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara metode bercerita melalui media audio visual terhadap kemampuan bahasa pada anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung = 25,286 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 . Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan metode bercerita melalui media audio visual sebelum dan sesudah perlakuan. Pengaruh penggunaan metode bercerita melalui media audio visual terhadap kemampuan bahasa anak di TK Al-Fajar Kecamatan Tampan Pekanbaru sebesar 76,96% yaitu berada pada kategori tinggi. Kata Kunci: Kemampuan Basaha, Metode Bercerita, Media Audio Visual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:54
Last Modified: 18 Jan 2020 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25211

Actions (login required)

View Item View Item