Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 12 PEKANBARU

DESWARA MARZALIA, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (53MB)

Abstract

ABSTRAK Deswara Marzalia, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Self Efficacy Siswa SMPN 12 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran brainstorming dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, ada tidaknya pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, dan ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial experiment design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 12 Pekanbaru, dengan sampel kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Pengumpulan data berupa angket self efficacy dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran brainstorming dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional; 2) terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Brainstorming, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jan 2020 08:02
Last Modified: 13 Jan 2020 08:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24803

Actions (login required)

View Item View Item