Indah Permata Sari, - (2020) Peran Supervisi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
|
Text
4. INDAH PERMATA SARI.pdf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitianini adalah untuk mengetahui: peran supervisi kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif kualitatif, Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, sedangkan objek penelitian ini adalah Peran Supervisi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Pekanbaru. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan transkripsi, pengkodean, kategorisasi dan interpretasi data. Hasil dari penelitian inia dalah:a) Merencanakan supervisi merupakan suatu proses kegiatan awal dalam supervisi untuk menentukan tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh pihak yang bersangkutan, serta menentukan tahapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan supervisi yang dilakukan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru yaitu membuat pertemuan rapat, menjelaskan perencanaan inti, dan menindaklanjuti hasil supervisi. b) Pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru dilakukan secara langsung oleh kepala madrasah ke kelas yang akan disupervisi.Pelaksanaan supervisi ini dilakukan seminggu sekali setiap perorang guru. Dalam proses pelaksanaan supervisi ada beberapa aspek yang dinilai yaitu penilaian instumen. Penilaian instrumen merupakan suatu kegiatan penilaian yang dilakukan kepala madrasah terhadap perlengkapan pengajaran guru seperti: RPP, Silabus, Promes, buku absen, dan cara mengajar guru. Penilaian instrumen ini harus sesuai dengan format penilaian supervisi yang telah ada di madrasah tersebut.Format penilaian supervisi ini berbentuk lembar kertas yang komponennya terdiri dari penilaian kehadiran melaksanakan tugas, menggunakan RPP, menggunakan sumber belajar, penyampaian konsep materi sesuai RPP.c) Menindaklanjuti hasil supervisi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekanbaru ini dilakukan kepala madrasah terhadap guru berdasarkan empat aspek yaitu pemanggilan guru, konsultasi guru, perbaikan tindaklanjut, dan rapat hasil supervisi. Kata Kunci: Peran Supervisi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 06:26 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 06:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24770 |
Actions (login required)
View Item |