Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Tapung

Susi Mustika, - (2020) Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Tapung. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Susi Mustika, (2019): Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Tapung Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMA Negeri 2 Tapung pada tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian adalah skala likert yang telah di uji validitas dan reliablitas, (0,920 ) dan normalitasnya. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa setelah digunakannya pendekataan Rational Emotive Behavior dalam layanan bimbingan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya kenaikan skor kepercayaan diri siswa. Sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior (x 47,80) dibandingkan setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok (x 65,40). Dapat di disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pre-test dan post-test, artinya pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima dilihat dari hasil analisi data bahwa thitung>ttabel , 10.909 > 2,26216. Kata Kunci: Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy, Bimbingan Kelompok, Kepercayaan Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:44
Last Modified: 06 Jan 2020 07:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24407

Actions (login required)

View Item View Item