Samsul Bahri (2017) Hubungan Pemahaman Guru tentang Peserta Didik dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kampar. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 201763PAI-S2 COVER.pdf Download (271kB) |
|
Text
2. 201763PAI-S2 PENGESAHAN.pdf Download (296kB) |
|
Text
3. 201763PAI-S2 KATA PENGANTAR.pdf Download (279kB) |
|
Text
4. 201763PAI-S2 DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) |
|
Text
5. 201763PAI-S2 ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
|
Text
6. 201763PAI-S2 BAB I.pdf Download (349kB) |
|
Text
7. 201763PAI-S2 BAB II.pdf Download (410kB) |
|
Text
8. 201763PAI-S2 BAB III.pdf Download (289kB) |
|
Text
9. 201763PAI-S2 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
|
Text
10. 201763PAI-S2 BAB V.pdf Download (259kB) |
|
Text
11. 201763PAI-S2 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
Abstract
Pemahaman guru tentang peserta didik dan motivasi belajar siswa dipandang sebagai dua komponen penting yang mempunyai hubungan satu sama lain dalam mewujudkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI ) siswa sekolah dasar yang ada di Kecamatan Kampar menjadi semakin lebih baik. Tapi dalam kenyataannya, pada aspek kognitif tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh siswa di Kecamatan Kampar kurang memperlihatkan hasil yang maksimal. Pada aspek afektif tingkat emosional, sikap dan tingkat kepatuhan siswa terhadap nilainilai moral yang terdapat dalam mata pelajaran PAI belum mampu dilaksanakan oleh siswa dan sedangkan pada aspek psikomotorik, tingkat keterampilan (skill ) yang dimiliki oleh siswa di Kecamatan Kampar belum menunjukkan hasil yang diharapkan. Dari permasalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman guru tentang peserta didik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sekolah dasar di Kecamatan Kampar. Maka jenis penelitian digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menjawab permasalahan melalui teknik pengukuran yang cermat terhadap variabel-variabel tertentu, sehingga menghasilkan data-data yang dapat digeneralisasikan secara kuantitatif yang selanjutnya akan dijelaskan data-data tabel tersebut secara analisis kuantitatif. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa secara parsial/masingmasing tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman guru tentang peserta didik terhadap hasil belajar PAI siswa. Sedangkan motivasi belajar mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa sekolah dasar di Kecamatan Kampar. Pada hasil uji hipotesis secara simultan/bersamasama terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman guru tentang peserta didik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI siswa sekolah dasar di Kecamatan Kampar yaitu sebesar 55,3% sedangkan sisanya sebesar 44,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 07:02 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 07:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24007 |
Actions (login required)
View Item |