ANGGI BERLIANA, - (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE SOCRATIC SEMINARS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA BUKITTINGGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (13MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Anggi Berliana, (2019): Pengaruh Penerapan Metode Socratic Seminars Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bukittinggi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan metode socratic seminars dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bukittinggi. Penelitian ini di latarbelakangi oleh pembelajaran ekonomi disekolah bersifat satu arah yang lebih terpusat pada guru sehingga siswa hanya menerima tanpa memiliki pengalaman belajar, masih adanya siswa yang kesulitan mengembangkan informasi yang diperoleh, rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, masih adanya siswa yang kesulitan memecahkan permasalahan dalam soal yang diberikan, model pembelajaran ekonomi yang digunakan belum mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dan desain yang digunakan adalah Post-Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS MAN 1 Kota Bukittinggi tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 102 siswa yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang dilihat dari nilai post-test pada kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 83,42, sedangkan pada kelas kontrol 73,03. Analisis data yang digunakan adalah uji t, dimana dari perhitungan diperoleh nilai t > taraf signifikan 5% (2,00) dan 1% (2.660) atau 2.00 < 3.693 > 2.660 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang menandakan adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen yang mengunakan metode socratic seminars dengan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bukittinggi. Kata Kunci: Metode Socratic Seminars, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 02:00 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 02:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22806 |
Actions (login required)
View Item |