Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

METODE AMTSAL DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DALAM MATA PELAJARAN PAI

Tabrani, - (2019) METODE AMTSAL DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DALAM MATA PELAJARAN PAI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TABRANI OK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
16. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk menjelaskan metode perumpamaan (amtsal ) sebagai metode pendidikan dalam Al-Quran dan menjelaskan relevansi perumpamaan (amtsal ) sebagai metode pendidikan dalam Al Quran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau library research, dengan sumber primernya yaitu Kitab Suci Al-Qur’an ,Al-maraghi, Quraish Shihab, Ensiklopedi,dan buku pendidikan agama islam. Hasil Penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa, pendidikan dalam proses pendidikan islam tidak hanya dituntut untuk menguasai sejumlah materi yang akan diberikan kepada peserta didiknya, tetapi ia harus menguasai berbagai metode dan tehnik pendidikan guna kelangsungan transformasi dan internalisasi mata pelajaran. Keberadaan dan perananan Amtsal dalam Al-qur’an terhadap penafsiran dari dalam dunia pendidikan cukup jelas dan mudah dipahami. Artinya, bahwa para pendidik dan peserta didik sangat membutuhkan metode Amtsal dalam pembelajaran, sebab disamping memberikan informasi kepada penerimanya mengenai sesuatu yang belum pernah diketahuinya, juga dapat membantu memahami apa yang dirasa. Kata Kunci : Metode Amtsal, Mata Pelajaran PAI

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:01
Last Modified: 11 Nov 2019 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21849

Actions (login required)

View Item View Item