Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 DESA BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

RENI ELVINA, - (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 DESA BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNG.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)

Abstract

ABSTRAK Reni Elvina, (2019): Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Desa Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining di kelas IV Sekolah Dasar 003 Desa Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya siswa kurang berinisiatif untuk bertanya, kurang dalam menanggapi dan mengeluarkan pendapat, kurang mendengarkan pelajaran yang disampaikan guru dan kurang dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan 24 siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Desa Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student facilitator and Explaining dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan motivasi belajar siswa diperoleh dengan rata-rata 55% atau berada pada kategori “Kurang”. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran Student facilitator and Explaining pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 69% dengan kategori “Cukup”. Pada siklus II motivasi belajar siswa menjadi meningkat mencapai 83% dengan kategori “Baik”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kela IV Sekolah Dasar Negeri 003 Desa Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar. Kata Kunci: Student Facilitator and Explaining, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Nov 2019 03:26
Last Modified: 01 Nov 2019 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21842

Actions (login required)

View Item View Item