Daniaty Fitri, - (2019) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (902kB) |
Abstract
ABSTRAK Daniaty Fitri (2019): PengaruhKeterampilan Guru Membuka dan Menutup Pelajaran Terhadap Motivasi Belajar SiswaPada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru membuka pelajaran terhadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru menutup pelajaran terhadap motivasi belajar siswa, 3) pengaruh yang signifikan anatara keterampilan guru membuka dan menutup pelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang kurang memperhatikan materi yang dijelaskanoleh guru dalam kegiatan belajar mengajar, hal ini terlihat dari siswa yang masih main-main pada saat belajar, siswa kurang bisa mengerjakan tugas yang diberikan guru, dan siswa kurang bis amenjawab pertanyaan yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi. Objek penelitian ini adalah pengaruh keterampilan guru membuka, menutup pelajaran dan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, keterampilan guru membuka pelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar, yaitu nilai thitung = 6,151 > 1,986 = ttabel, dan sig = 0,000 < 5%, jadi Ha “diterima” dan Ho “ditolak”, keterampilan guru menutup pelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa yaitu nilai thitung = 5,858 >1,986 = ttabel, dan sig = 0.000< 5%, jadi Ha “diterima” dan Ho “ditolak” dan keterampilan guru membuka dan menutup pelajaran terhadap motivasi belajar siswa diperoleh F = 63,974 >3,09 (nilai F tabel F(0,05;2;94) = 3,09) dan sig = 0,000 < 5 % yang berarti Ha “diterima” dan Ho “ditolak” dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan keterampilan guru membuka dan menutup pelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Besar presentase pengaruh keterampilan guru membuka dan menutup pelajaran terhadap motivasi belajar siswa sebesar 57,9% sedangkan sisanya 42,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Keterampilan Guru Membuka, Menutup Pelajaran, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 30 Oct 2019 05:02 |
Last Modified: | 30 Oct 2019 05:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21791 |
Actions (login required)
View Item |