NELIS PURWATI, 11318200563 (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TUGAS MENGENAL MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (469kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran tugas mengenal masalah di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 016 Desa Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 68. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran tugas mengenal masalah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi, tes, dokumentasi. Berdasarkan Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran tugas mengenal masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh ratarata 45,45% atau 10 orang siswa yang tuntas.setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan penggunaan strategi pembelajaran tugas mengenal masalah pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 72,73% atau 16 orang siswa yang tuntas. pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan lagi dengan rata-rata 86,36% atau 19 orang siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran tugas mengenal masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Tugas Mengenal Masalah, Hasil Belajar, Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 07:55 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 07:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21476 |
Actions (login required)
View Item |