RINI DWI ASTUTI, 11318206298 (2017) PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 016 SUKAMULYA KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (523kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 016 Sukamulya Kecamatan Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa. Hal ini terlihat dari siswa yang kurang fokus memperhatikan guru saat menjelaskan materi, selain itu siswa juga kurang antusias dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru wali kelas yang berjumlah 2 orang dan siswa kelas v yang berjumlah 63 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik Purpose Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, data dianalisis dengan tehnik “Korelasi Koefisien Kontingensi” dengan menggunakan rumus √ Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variasi gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini terlihat dari diperolehnya harga Phi yaitu 0,333 yang mana lebih besar dari “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% atau dapat dituliskan dengan 0,250<0,333>0,325, hal ini berarti Ha (Hipotesa alternatif) diterima dan Ho (Hipotesa nihil) ditolak. Dengan demikian semakin baik gaya mengajar guru dikelas maka semakin tinggi minat belajar siswa. Kata Kunci : Variasi Gaya Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 03:46 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 03:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21449 |
Actions (login required)
View Item |