Murniyati, - (2019) HUBUNGAN KOMUNIKASI GURU DENGAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
GABUNGAN.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (915kB) |
Abstract
ABSTRAK Murniyati, (2019): Hubungan Komunikasi Guru dengan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh gejala yang menunjukkan adanya kesenjangan antara komunikasi guru dengan pemahaman siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak hubungan yang signifikan antara komunikasi guru dengan pemahaman siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitian dilaksanakan pada bulan April hingga bulan Mei bertempat di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hubungan komunikasi guru dengan pemahaman siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi penelitian ini guru dan siswa kelas VII yang berjumlah guru 1 orang dan siswa berjumlah 156 orang. Mengingat siswanya terlalu banyak, Maka penulis mengambil sampel yaitu sebanyak 40 siswa. adapun teknik pengambilan sampel ini adalah random sampling. Pengumpulan data untuk variabel X menggunakan angket,sedangkan Y menggunakan tes soal. Untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua data dianalisi secara deskriptif kuantitatif dengan persentase., sedangkan untuk menganalisis hubungan variabel X dan Y yang terkumpul, digunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi product moment. Dalam pengolahan data tersebut peneliti menggunakan SPSS. Versi 17.0 for windows. berdasarkan analisis data maka disimpulkan bahwa komunikasi guru tergolong sangat baik, dengan persentase 84,92%. Pemahaman siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam tergolong baik, dengan persentase 71%. Terdapat hubungan yang signifikan komunikasi guru dengan pemahaman siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa koefisien korelasi kedua variabel adalah 0,416 sedangkan probabilitas 0,008. Hal ini mengandung pengertian bahwa semakin baik komunikasi guru maka semakin baik pula pemahaman siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Komunikasi Guru, Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 08:06 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 08:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21141 |
Actions (login required)
View Item |