Mia Kurniasih S., - (2019) AKUNTABILITAS GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGEVALUASI PROGRAM BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TUALANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
3. PENGESAHAN.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
10.BAB I.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
11.BAB II.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
12.BAB III.pdf Download (405kB) | Preview |
|
Text
13.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
||
|
Text
14.BAB V.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas guru bimbingan konseling dalam mengevaluasi program bimbingan konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tualang dan faktor-faktor yang mempengaruhi akuntabilitas guru bimbingan konseling dalam mengevaluasi program bimbingan konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tualang. Subyek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan konseling, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah akuntabilitas guru bimbingan konseling dalam mengevaluasi program bimbingan konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tualang. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan memaparkan apa adanya hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas guru bimbingan konseling dalam mengevaluasi program bimbingan konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tualang sebagai berikut: (1) Guru bimbingan konseling selalu berusaha untuk melaksanakan program bimbingan konseling baik melalui penilaian segera (Laiseg), penilaian jangka pendek (Laijapen) dan penilaian jangka panjang (Laijapang), (2) Guru bimbingan konseling berkerjasama dengan teman sejawat dan kepala sekolah untuk membuat program yang sesuai kebutuhan siswa, (3) Guru bimbingan konseling melaksanakan evaluasi program bimbingan konseling sesuai dengan tugasnya sebagai guru bimbingan konseling, (4) Guru bimbingan konseling melakukan tindak lanjut dari hasil penilaian berupa laiseg, laijapen maupun laijapang dan selanjutnya guru bimbingan konseling menentukan langkah selanjutnya untuk memberikan inovasi terhadap programnya di tahun ajaran baru selanjutnya, (5) Guru bimbingan konseling menunjukkan pertanggungjawaban program bimbingan konseling kepada kepala sekolah dalam bentuk lisan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi akuntabilitas guru bimbingan konseling dalam mengevaluasi program bimbingan konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tualang adalah: (1) Faktor Internal (a) Latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling yaitu S1 bimbingan konseling, (b) Lamanya bertugas sebagai guru bimbingan konseling ada yang di atas 20 tahun dan ada yang 4 bulan, (c) Program bimbingan konseling yang di buat berpatokan pada program yang di buat tahun sebelumnya dan hanya sedikit memberikan inovasi, (2) Faktor Eksternal (a) Sarana dan prasarana yang ada di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tualang ini sangat memadai bagi pelaksanaan kegiatan bimbingan konseling, (b) Kerja sama guru bimbingan konseling dengan pihak sekolah seperti guru waka kurikulum sangat baik, (c) Dukungan kepala sekolah terhadap bimbingan konseling sangat baik. Kata Kunci : Akuntabilitas, Guru bimbingan konseling, Evaluasi program
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akuntabilitas, Guru bimbingan konseling, Evaluasi program |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 03:26 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 03:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20888 |
Actions (login required)
View Item |