Nurhasanah Bakhtiar (2018) Manhaj Salafi dalam Sistem Pendidikan Pesantren di Riau. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201809DPAI_Halaman Judul.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
1. 201809DPAI_Pengesahan.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201809DPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201809DPAI_DAFTAR ISI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201809DPAI_ABSTRAK 3 Bahasa.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201809DPAI_Bab I.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201809DPAI_Bab II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. 201809DPAI_Bab III.pdf Download (411kB) | Preview |
|
Text
9. 201809DPAI_Bab IV a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. 201809DPAI_BAB V.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201809DPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kemunculan lembaga pendidikan pesantren dekade terakhir mengusung paham teologi tertentu. Pesantren dijadikan ajang strategis untuk mengajarkan, mensosialisasikan dan menginternalisasikan paham keagamaan tertentu kepada para santri. Salah satunya kemunculan “model pesantren bermanhaj salafi”. Pesantren model ini membawa cita-cita pemurnian ajaran Islam secara lebih literal, tekstual dan normatif. Kemunculan pesantren salafi terlihat berbeda dan seringkali menimbulkan issuissu kontroversial terutama dari warga pesantren yang sudah mapan sebelumnya. Namun, dibalik kekontroversialannya, pesantren bermanhaj salafi tumbuh secara sigifikan baik secara kelembagaan maupun peminatnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana konsep manhaj salafi dalam sistem pendidikan pesantren di Riau? Bagaimana implementasi dari konsep tersebut? Bagaimana kontribusinya untuk pendidikan Islam, pendidikan Nasional dan untuk lembaga pendidikan pesantren? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data sebagai informan penelitian ini adalah pimpinan pesantren, para pendidik (asatiz), pihak yayasan, pengasuh pesantren, para santri, wali santri dan masyarakat sekitar. Analisis data menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan induktif melalui tahapan-tahapan reduksi data, pengkategorisasian, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1. Konsep manhaj salafi dalam sistem pendidikan pesantren di Riau mengalami perluasan orientasi dari konsep manhaj salafi secara umum, namun tidak keluar dari prinsip-prinsip dasar manhaj salafi. 2. Konsep manhaj salafi dalam sistem pendidikan pesantren merupakan konsep pendidikan yang Qur’ani dan Nabawi, mengembangkan konsep pendidikan tarbiyah dan tashfiyah. 3. Terdapat variasi implementasi konsep manhaj salafi dalam sistem pendidikan pesantren di Riau. Hal ini disebabkan karena manhaj salafi tidak merupakan organisasi yang terstruktur sehingga tidak memiliki acuan baku/konsep operasional dalam pendidikan. 4. Kontribusi manhaj salafi dalam sistem pendidikan Pesantren di Riau yaitu mencetak generasi yang bertauhid kepada Allah SWT, mencetak calon ulama yang tafaqquh fi al-din, mewujudkan generasi Indonesia yang berkarakter dan berakhlak mulia, membendung arus sekularisme dan liberalisme sebagai ancaman besar pendidikan Islam dan memperkaya model pendidikan pesantren di Indonesia. Kata Kunci : Manhaj Salafi, Sistem Pendidikan, Pesantren
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 08:09 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 08:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20778 |
Actions (login required)
View Item |