Mulia Rahmi (2018) Kesetaraan Gender dalam Pendidikan Islam Perspektif Rahma El Yunusiyyah. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018205TMPI_COVER.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018205TMPI_Pengesahan.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018205TMPI_kata pengantar.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018205TMPI_DAFTAR ISI.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018205TMPI_ABSTRAK.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018205TMPI_BAB I.pdf Download (835kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018205TMPI_BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018205TMPI_BAB III.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
9. 2018205TMPI_BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. 2018205TMPI_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
11. 2018205TMPI_BAB VI.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
12. 2018205TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan yang menunjukkan diskriminasi terhadap perempuan hampir seluruh lapisan kelompok masyarakat, Alasannya cukup jelas masyarakat belum mampu melepaskan diri dari budaya patriarkhis yang selama ribuan tahun menjerat dan memaksa perempuan berada di bawah kekuasaan pria. Bukan tanpa sebab bila pendidikan sangat penting bagi perempuan, karena perempuan memiliki peran sangat penting dalam peningkatan kualitas generasi muda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang (1) Untuk mengetahui Pandangan Rahma Elyanusiyah tentang kesetaraan Gender dalam pendidikan Islam.(2)Untuk mengetahui relevansi kesetaraan gender terhadap pendidikan sekarang. Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian “Library Research”. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Studi dokumentasi dan Observasi. Oleh karena itu dalam menganalisis data tersebut menggunakan metode conten analysis. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan Kesetaraan Gender dalam pendidikan islam perspektif Rahmah El Yunusiyyah adalah (1) Laki-Laki dan Perempuan diwajibkan menuntut ilmu, (2) Laki-laki dan Perempuan menjadi pemimpin (3) Laki-laki dan Perempuan dalam hidup bermasyarakat, (4)Laki-laki dan Perempuan Mandiri/ bekerja. Namun tanpa melupakan kodratnya sebagai perempuan Bedasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa kesetaraan gender dalam pendidikan Islam adalah memberikan hak yang sama terhadap perempuan tanpa melupakan kodratnya sebagai perempuan, Sebagaimana terdapatdalam Al-qur’an memperlakukan baik individu perempuan dan laki-laki adalah sama, karena hal ini berhubungan antara Allah dan individu perempuan dan laki-laki tersebut. Dalam perspektif normativitas Islam, tinggi rendahnya kualitas seseorang hanya terletak pada tinggi-rendahnya kualitas pengabdian dan ketakwaannya kepada Allah swt. Allah memberikan penghargaan yang sama dan setimpal kepada manusia dengan tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan atas semua amal yang dikerjakannya.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 07:38 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 07:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20488 |
Actions (login required)
View Item |