ARDIYANSYAH, 11015102799 (2017) EFEKTIVITAS MEDIAPEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASILBELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (608kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (825kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (399kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan peneliti terhadap rendahnya hasil belajar siswa di SMA Negeri 10 Pekanbaru. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional di SMAN 10 Pekanbaru?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 10 Pekanbaru sebanyak 72 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional di SMAN 10 Pekanbaru Riau. Kata Kunci : Media Pembelajaran Berbasis Komputer, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:24 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20048 |
Actions (login required)
View Item |