ZIJNI MINAR RIZKI, 10915004995 (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (579kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan model pembelajaran aktif tipe The Power of Two dengan siswa yang diterapkan strategi pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan True Experimental Design yang diarahkan pada Quasi Eksrerimental Design dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Aziziyah Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016, terdiri dari 3 kelas, dengan total 63 siswa. Sampel pada penelitian adalah kelas VII 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional dan kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan model pembelajaran aktif tipe The Power of Two. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dilakukan analisis menggunakan uji t. Diperoleh thitung = 1,27 dengan ttabel taraf signifikan 5% dan 1% yaitu 2,02 dan 2,70. Karena thitung < ttabel, maka Ha ditolak dan Ho diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan model pembelajaran aktif tipe The Power of Two dengan siswa yang diterapkan strategi pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:21 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20045 |
Actions (login required)
View Item |