IGA HARYANTI, 11217202576 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LABORATORY TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (780kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (623kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (962kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan materi kimia yang bersifat abstrak dan hitungan, dan berdampak terhadap lemahnya hasil belajar siswa. Model pembelajaran PBL merupakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan siswa menjadi pembelajar mandiri melalui pemecahan dari masalah yang diberikan, dan dengan dukungan media virtual laboratory dapat membantu siswa dalam memahami dan menyelesaikan materi kimia yang bersifat abstrak dan hitungan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pretest dan postest, yang dilakukan guna mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBL menggunakan media virtual laboratory terhadap hasil belajar kimia siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru pada materi laju reaksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu XI IPA 1 (kontrol) dan XI IPA 2 (eksperimen). Data penelitian dikumpulkan melalui hasil tes, observasi dan dokumentasi. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan dimana nilai thitung= dan ttabel =1,989 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima, hal ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran PBL menggunakan media virtual laboratory terhadap hasil belajar kimia siswa Sekolah Menegah Atas Negeri 5 Pekanbaru pada materi laju reaksi, dengan pengaruh sebesar 7,8%. Kata Kunci: Problem Based Learning, media Virtual Laboratory, hasil belajar, laju reaksi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:16 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20035 |
Actions (login required)
View Item |