MUHAMMAD YUSRI, 11211102468 (2017) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU AL-QURAN HADIS DALAM MENJELASKAN PELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (932kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan, dimana guru sudah memiliki keterampilan dalam menjelaskan pelajaran, siswa juga sudah memiliki persepsi yang positif tentang keterampilan guru dalam menjelaskan, namun motivasi belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang keterampilan guru Al-Qur’an Hadis dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Untuk mengambil sampel penulis menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Jumlah sampel yang penulis ambil yaitu sebanyak 25 % dari setiap kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, IX A dan kelas IX B, sehingga didapatkan sampel sebanyak 42 siswa dari total 170 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan angket tertutup yang disusun dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisa data penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan guru Al-Qur’an Hadis dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan guru Al-Qur’an Hadis dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisa data yang diperoleh yaitu nilai ro = 0,840 sedangkan nilai rtabel (5%) (df=N-2 = 42-2=40) adalah 0,304 dan nilai rtabel (1%) = 0,393. Karena rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,840>0,304/0,393 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan guru Al-Qur’an Hadis dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:08 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20032 |
Actions (login required)
View Item |