SISKA NOVITA SARI, 11211202529 (2017) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (579kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi guru dalam proses pembelajaran serta ada atau tidaknya pengaruh kemampuan komunikasi guru dalam proses pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tualang Kabupaten Siak. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh kemampuan komunikasi guru dalam proses pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Populasi penelitian ini yakni 2 orang guru PAI dan seluruh siswa kelas VII dan VIII diSekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tualang Kabupaten Siak yang berjumlah 91 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Proportionate stratified random sampling yakni pengambilan sampel secara acak sebesar 15%. Pengumpulan data tentang kemampuan komunikasi guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data tentang pengaruh kemampuan komunikasi guru dalam proses pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu dengan menggunakan rumus Product Moment . Dalam pengolahan data tersebut peneliti menggunakan bantuan perangkat komputer program SPSS.versi16.0 for Windows. Berdasarkan analisis data maka disimpulkan bahwa 1)kemampuan komunikasi guru dalam proses pembelajaran tergolong Tinggi, dengan presentase 73,68%, 2)minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong Baik, dengan rata-rata 69,73%. 3)Terdapat hubungan yang signifikan antara) kemampuan komunikasi guru dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama IslamVIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tualang Kabupaten Siak. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa koefisien korelasi antara kedua variabel adalah 0.486 sedangkan probabilitasnya 0.000. Hal ini mengandung pengertian bahwa semakin tinggi kemampuan komunikasi guru maka semakin baik minat belajar siswa, sebaliknya semakin rendah kemampuan komunikasi guru maka semakin tidak baik pula minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tualang Kabupaten Siak. Kata Kunci: Pengaruh, Kemampuan Komunikasi Guru, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 06:57 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 06:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20023 |
Actions (login required)
View Item |