ISNIATI, 11211200621 (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN KHAIRUL UMMAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (538kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (978kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan Keaktifan Belajar Siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren khairul Ummah Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini beranjak dari gejala yang penulis temukan di lokasi penelitian, dimana proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kebanyakan menggunakan metode konvensional seperti ceramah, sehingga berdampak kepada rendahnya kreativitas dan keaktifan siswa belajar di kelas. Maka dari itu, peneliti ingin melihat seberapa jauh pengaruh penggunaan strategi pembeajaran Aktif Tipe Team Quiz ini terhadap keaktifan belajar siswa. Peneliti ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Khairul Ummah Kabupaten Indragiri Hulu yang berjumlah 304 orang dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 yang berjumlah 27 orang (sebagai kelas kontrol) dan XI IPS2 yang berjumlah 38 orang (sebagai kelas eksperimen). Sedangkan pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa keakifan belajar siswa yang mengguanakan strategi pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz lebih baik dari pada mengguanakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari tingginya keaktifan belajar siswa yang berada di kelas ekperimen dibandingkan di kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada pelajaran Al-qur’an Hadits Kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Khairul Ummah Kabupaten Indragri Hulu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 02:02 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 02:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19981 |
Actions (login required)
View Item |