MUHAMMAD DAHRIL, 11311104713 (2017) PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAPKEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN FIKIH DI MADRASAHTSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (612kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di dasari bahwa kedisiplinan guru mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan guru Fikih, kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih dan pengaruh kedisiplinan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017, sedangkan objeknya adalah kedisiplinan guru Fikih dan kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 555 orang siswa, sedangkan sampelnya ditarik sebesar 20% dengan jumlah 111 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan cara proportionate stratified random sampling. Untuk mengumpulkan data tentang kedisiplinan guru Fikih dan kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih, digunakan teknik angket yang disusun dengan mengikuti skala Likert. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase dan teknik korelasi product moment. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa 1) Kedisiplinan guru Fikih tergolong sangat baik dengan persentase sebesar 83,02%. 2) Kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih tergolong sangat baik dengan persentase sebesar 82,38%. 3) Ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan guru terhadap kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,625 (rh) . Koefisien korelasi sebesar 0,625 lebih besar dari r tabel (rt) baik pada taraf signifikan 5% = 0,186 maupun 1% = 0,243. Besarnya pengaruh atau kontribusi variabel kedisiplinan guru terhadap variabel kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru adalah sebesar 39,06%, sedangkan sisanya yaitu 60,94% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 02:12 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 02:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19844 |
Actions (login required)
View Item |